" "
menerima service elektronika : laptop,computer pc,pasang parabola,cctv,jasa buat website,pasang gps kendaraan, dll. hubungi kami no hp : 082329667359
email : gie_72@live.com

untuk wilayah tegal dan sekitarnya.

3/29/2012

cara mentracking parabola..

sebelum kita mengarahkan parabola ,ada dua cara hal yang perlu di perhatikan .pertama ,anda harus mengetahui terlebih dahulu posisi antena parabola penerima yang berada di bumi . untuk kota semarang misalnya ,berada pada 110,40 derajat BT dan 7,0 derajat lintang selatan .untuk kota pontianak karena berada di tempat garis katulistiwa maka mempunyai garis lintang 0 derajat dan 109,30 derajat bujur timur. untuk kota-kota lain bisa di lihat dalam tabel .
kedua ,anda juga harus mengetehui koordinat satelit yaitu lintang dan bujur posisi satelit itu berada .posisi satelit biasanya berada di garis katulistiwa sehingga terletak tepat di lintang 0 derajat . kalau sudah demikian ,maka tinggal mencari garis bujurnya saja . setelah keduanya sudah dapat di ketahui ,selanjutnya tinggal menentukan besar sudut elevasi ,sudut azimuth dan polarisasinya .sudut elevasi adalah sudut yang di bentuk dari arah langit (atas) hingga arah utara . sudut azimuth adalah sudut putar dari arah barat hingga timur .sedangkan polarisasi adalah arah medan listrik (elektromagnetik) dari gelombang yang di pancarkan oleh satelit . polarisasi ini adalah berbentuk vertical (arah lurus ke atas ), horisontal (arah lurus mendatar) right circular (arah berputar ke kanan) ,left circular (arah berputar ke kiri) oleh karena itu jika arah polarisasi antena tidak sama dengan polarisasi satelit ,sinyal tidak akan dapat di terima secara optimal bahkan dapat terganggu oleh signal lain dari berbeda polarisasi yang berbeda . kemudian karena setiap letak rumah di masing-masing kota mempunyai posisi yang berlainan dari arah satelit ,maka dalam mentracking parabola dapat di lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. carilah ketepatan arah utara dengan menggunakan kompas.
  2. dengan menggunakan alat ukur sudut (angle) ,arahkan dish parabola sebesar sudut elevasi (18.32 derajat untuk kota semarang ) di hitung dari garis horisontal .
  1. dengan menggunakan angle pula , putarlah dish parabola mendatar sebesar sudut azimuth ( -18.98 derajat untuk kota semarang).
langkah 1,2,3, tersebut di atas di lakukan secara berurutan . dengan demikian secara kasar kita telah selesai mentracking antena parabola ke arah salah satu satelit .sekarang hubungkan kabel terminal dari feedhorn ke reciever satelit untuk melakukan tracking yang lebih tepat yaitu dengan cara mengamati gambar pada layar televisi sampai menunjukan gambar yang paling bagus dan jelas .
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

kami menunggu komentar anda

 
| mazgie template
Copyright : © 2013. komputerTV - All Rights Reserved
Template di buat oleh : mazgie
suported : Blogger